Blibli.com dan Bekraf mencari pengusaha muda lokal yang kreatif

by Ivan Pek @jakartadogdown
Big Start Indonesia

Blibli.com, salah satu situs e-dagang terbesar di Indonesia, bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan sebuah kompetisi bertajuk "The Big Start Indonesia" yang ditujukan pada para pengusaha-pengusaha kreatif lokal.

Pendaftaran ajang kompetisi bagi pengusaha kreatif yang berusia maksimal 45 tahun ini telah dimulai sejak awal bulan Juni 2016 dan berakhir 10 Agustus 2016. Peserta bisa mendaftarkan produknya melalui laman thebigstar.blibli.com untuk turut meramaikan kompetisi tersebut.

Dalam kompetisi ini, para pengusaha kreatif yang telah mendaftarkan produknya berkesempatan untuk merebut hadiah berupa modal usaha sebesar Rp1 miliar. Selain itu, pemenang juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara gratis, mendapat bimbingan dari para ahli, dan memperluas jaringan (networking).

Pada kompetisi ini, para peserta bisa mendaftarkan produk mereka dan memasukkannya dalam sembilan kategori yang telah ditetapkan, yakni teknologi & elektronik, kerajinan, hobi & olahraga, fesyen, makanan & minuman, otomotif, ibu & anak, kesehatan & kecantikan, serta ETC untuk produk yang tidak masuk dalam delapan klasifikasi tersebut.

Panitia kemudian akan menyeleksi untuk mendapatkan 100 produk terbaik. Kemudian ditentukan 20 finalis yang akan dikarantina selama dua minggu. Kegiatan para finalis itu bakal ditayangkan di YouTube mulai September hingga Oktober 2016 setiap hari Selasa dan Kamis.

Selama masa karantina, 20 finalis itu akan dibimbing sejumlah mentor, seperti CEO Damn! I Love Indonesia Daniel Mananta, Babson Global Ambassador untuk Indonesia sekaligus Business Development Manager Blibli.com Stephanie Yoe, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian ,serta Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra Henry C. Widjaja.

Hingga Juli, menurut CEO Blibli.com Kusumo Martanto, sudah sekitar 3.000 pengusaha muda lokal mendaftarkan produk mereka untuk mengikuti kompetisi ini.

"Kami berharap, The Big Start Indonesia akan menjadi pemicu lahirnya pengusaha-pengusaha kreatif baru di Indonesia," kata Kusumo saat peluncuran The Big Start Indonesia dan perayaan ulang tahun Blibli yang ke-5 di Bali Room Hotel Kempinski, Jakarta, Senin. "Kami mencari pengusaha muda Indonesia yang punya mental dan tahu bagaimana menyiasati cara untuk membuat produk yang bagus."

Kampanye ini merupakan salah satu bentuk dari komitmen Blibli.com dan Bekraf untuk mendorong generasi muda agar terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis mereka. Saat ini semakin banyak generasi muda Indonesia yang kreatif dan inovatif dalam membangun bisnis sendiri dengan hasil karya yang unik dan berkualitas.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan bahwa saat ini 252 juta konsumen di Indonesia lebih memilih untuk membeli produk-produk buatan luar negeri. Oleh karena itu, melalui slogan "Local Now, Global Later", Triawan mengharapkan produk dalam negeri menjadi semakin berkualitas dan dicintai, tidak kalah dari produk asing.

"Yang pasti pengusaha kreatif itu harus punya mental. Bagaimana pengusaha itu bisa melihat dan menyiasati sesuatu, mencari solusi untuk produk yang berbeda," saran Triawan untuk para pengusaha muda lokal.

Source article: https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/bliblicom-dan-bekraf-mencari-pe...

Share this Article

Back