Jakarta Fashion Week 2020 Sisipkan Semangat Sustainable Fashion

by Jawapos.com
Jakarta Fashion Week 2020 Sisipkan Semangat Sustainable Fashion

Pekan mode bergengsi di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 segera digelar. Kali ini, JFW 2020 pun menyisipkan suara sustainable fashion lewat karya para desainernya.

Seperti diketahui, panggung mode dunia kini memang tengah menyuarakan sustainable fashion. Bukan hanya sekadar menggunakan material yang ramah lingkungan, tapi juga proses yang merujuk pada pelibatan pekerja yang manusiawi.

Lenni Tedja selaku Direktur JFW mengungkapkan, nantinya di JFW 220 akan ada beberapa show yang berkaitan dengan sustainable fashion. Misalnya seperti Sejauh Mata Memandang yang akan membuat koleksi terbarunya dari sisa-sisa kain atau busana sebelumnya.

Baginya, apa yang nantinya disuguhkan dalam panggung JFW 2020 memang belum 100 persen sustainable fashion. Tapi, ungkap Lenni, pihaknya menginginkan para desainer sudah mulai sadar tentang pentingnya sustainable fashion.

“Meski kita belum 100 persen, oleh karena itu kita selalu mengatakan kalau ini beginning sustainable fashion,” ujar Lenni dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/9).

Selain Sejauh Mata Memandang, Tinkerlust juga akan menyuguhkan koleksi yang merujuk sustainable fashion. Dengan menggandeng 3 desainer kenamaan Indonesia yakni Jenahara, Alexalexa, dan Hakim satrio, Tinkerlust berusaha membuat busana dengan konsep yang berbeda, yakni upcycle (mengubah jadi produk baru).

Aliya Amitra, perwakilan Tinkerlust menyebutkan, nantinya para desainer akan menyajikan koleksi dari pakaian yang tidak habis terjual di Tinkerlust. Sehingga dari pakaian sisa ini dijadikan produk yang baru dan lebih modern.

“Ini salah satu cara kita untuk melakukan sustainable fashion. Dan ini yang pertama kali di JFW. Nanti hasilnya akan kita jual lagi di Tinkerlust,” ujar Aliya.

JFW 2020 sendiri akan diselenggarakan pada 19-25 Oktober 2019. Setidaknya akan ada 180 desainer yang turut ambil bagian dalam JFW 2020. Selain itu akan ada 100 tenan di area Fashionlink Showroom & Market.

 

Similar articles: 

https://www.dream.co.id/lifestyle/jakarta-fashion-week-2020-hadirkan-desainer-dari-5-negara-190912l.html

https://lifestyle.sindonews.com/read/1438629/186/200-desainer-akan-pamerkan-karya-di-jakarta-fashion-week-2020-1568201199

Share this Article

Back