Kinerja Tiket.com Melonjak 2,5 Kali di HUT ke-8

by SWA.co.id
Kinerja Tiket.com Melonjak 2,5 Kali di HUT ke-8

Selama satu tahun terakhir kinerja Tiket.com tumbuh 2,5 kali dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer & Co-founder Tiket.com dalam perayaan HUT ke-8 perusahaan online travel agent itu.

Meningkatnya performa Tiket diakui Gaery setelah masuknya investor baru dua tahun lalu yang mengucurkan dana ribuan dollar AS. “Perbandingannya, jika dulu beda kami dengan kompetitor 10 kali lipat, kini hanya 2 kali lipat untuk mengejarnya,” katanya dengan nada optimistis, di Grand Hyatt Jakarta (30/8/2019).

Dari beberapa jasa layanan Tiket, menurutnya penjualan vocer hotel paling dominan. Untuk itu, ke depan penjualan tiket hotel ditargetkan tumbuh 6 kali lipat. “Nantinya, kami berharap Tiket.com menjadi marketplace bagi traveller dalam membeli segala kebutuhan travelling,’”ungkap dia.

Gaery menjelaskan, memperingati hari jadi Tiket tahun 2019 ini meengusung tema UltimEight. Kata UltimEight berasal dari kata Ultimate yang diartikan sebagai pencapaian terbaik yang pernah dicapai di mana selama 8 tahun perjalanannya, Tiket telah mancapai kesuksesan dan pencapaian terbaik yang telah diraih di berbagai lini bisnisnya.

“Tak hanya pendapatan, kenaikan jumlah pelanggan, awareness masyarakat terhadap Tiket.com, dan kualitas setiap produk dan pelayanan kami juga telah menyentuh pencapaian terbaiknya di tahun ini. Perayaan UltimEight ini pun kami harap bisa menjadi sebuah semangat baru agar bisa lebih terpacu lagi,” jelas dia.

Beberapa kesuksesan dan pencapaian lainnya pun patut menjadikan Tiket bangga mewarnai industri online travel agent di Indonesia. Salah satunya adalah telah bersinergi dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di mana telah menjalankan program #tiketWonderfulIndonesia dengan mendatangkan berbagai influencer internasional dari JAPAC untuk mengunjungi destinasi lokal di Indonesia, di antaranya yaitu; Jogja, Labuan Bajo, Manado, Jakarta, Bali, Bandung, Lombok, dan Danau Toba. Berbagai program co-branding tersebut dilakukan bertujuan mendukung program mendatangkan 20 juta wisatawan pada tahun 2019.

Menurutnya, pada awal Agustus 2019, Tiket berhasil masuk menjadi 10 top brand di Twitter 2019 dan menduduki peringkat ke-8 untuk periode 1 Januari - 31 Juni 2019. Untuk itu, pihaknya secara konsisten berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hubungan antar konsumen dengan pemanfaatan platform media sosial dengan baik dan tepat, sehingga membawa Tiket menjadi salah satu brand e-commerce dengan tingkat interaksi paling tinggi di Twitter.

Melalui berbagai pencapaian yang diraih, Tiket menargetkan agar bisa semakin dekat dengan konsumen lewat pelayanan yang semakin memberikan keuntungan dan kemudahan. Adapun upaya yang dilakukan adalah menghadirkan fitur-fitur baru unggulannya. Yang terbaru adalah Fitur Tiket Anti Galau yaitu fitur yang memberikan jaminan refund atas pembatalan tiket pesawat hingga 100% dari harga tiket yang dibayarkan melalui aplikasi Tiket.com hingga 4 jam sebelum keberangkatan.

Fitur lainnya yang telah hadir di Tiket adalah Refund List, Flight Online Check-In, dan Access to Whatsapp,. Lewat fitur Refund List, pelanggan bisa mengecek langsung daftar dan detail pengajuan refund dengan mudah. Di fitur Flight Online Check-In, pelanggan bisa langsung melakukan online check-in untuk penerbangan yang akan dilakukan dengan mudah dan sederhana sehingga mendapatkan pengalaman sempurna saat berwisata. Sedangkan fitur Access to Whatsapp kini juga semakin memudahkan pelanggan untuk menghubungi customer care dengan alternatif pilihan nomor internasional.

Selain menghadirkan berbagai fitur unggulan, Tiket memanjakan konsumen dengan memberikan banyak keuntungan dengan bergabung sebagai pelanggan setia melalui program TIX Benefit. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen dengan menunjukkan SMS membership di bandara diantaranya adalah, fasilitas gratis Wrapping bagasi, free akses jaringan modem wifi Javamifi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya melalui SMS, pelanggan juga akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan hanya menunjukkan virtual TIX card di TIX Spot, yaitu merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Tiket. Konsumen bisa mendapatkan berbagai keungungan seperti gratis minuman dari Koppi, gratis produk Innisfree, dan lainnya.

Roderick Tjandra selaku promotor partner, mengatakan, bersinergi dengan Tiket sangat mendukung mereka terutama dalam mencapai target penjualan. “Tiket.com menjadi mitrar yang kooperatif, mulai dari brainstorming untuk event yang akan berlangsung, persiapan penjualan tiket, mendukung promosi untuk penjualan tiket dan proses management tiket system hingga eksekusi penukaran tiket, pembelian langsung di lokasi dan pengechekan tiket di lapangan sebelum masuk ke tempat acara,”ujar Roderick.

Sejak tahun 2018, Tiket mulai berfokus pada penjualan hotel karena melihat besarnya peluang industri hotel di beberapa wilayah di Indonesia, melalui kerja sama dengan jaringan Archipelago International, perseroan berharap agar bisa memperluas jaringan hotel-hotel terbaik di Indonesia dengan harga yang bersaing.

Chris Legaspi, Vice President of eCommerce and Revenue Management Archipelago International, mengatakan, dalam kompetisi bisnis e-commerce yang semakin ketat di Indonesia, bekerja dengan perusahaan terkemuka yang memiliki visi yang sama adalah suatu elemen penting.

 

Similar article: 

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4051604/milenial-jadi-target-utama-agen-travel-online-tiketcom

https://travel.detik.com/travel-news/d-4687389/8-tahun-berdiri-tiketcom-rencanakan-ekspansi

 

Share this Article

Back