Peek.Me memenangi kompetisi The Big Start Indonesia

by Yoseph Edwin @beritagar.id

Kompetisi The Big Start Indonesia yang diadakan oleh situs e-dagang Blibli bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) telah mencapai puncaknya. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2016), Peek.Me dipilih menjadi pemenang kompetisi web series tersebut.

Peek.Me yang digawangi Arlin Chondro berhasil mendapatkan gelar creativepreneur dan mendapatkan hadiah utama berupa modal sebesar Rp500 juta.

Peek.Me adalah sebuah usaha perintis (start-up) yang membuat produk dari bahan alami dan organik. Jenis produk yang dijual adalah berupa minyak aromaterapi, inhalerstickbalm, dan spray dengan kegunaan untuk pengobatan hingga kecantikan.

Laman Peek.Me menjadi berbeda karena menjamin seluruh produknya aman dan bebas kimia. Semua produknya dibuat dari ekstrak tumbuhan melalui distilasi.

Peek.Me juga telah menerima beragam sertifikasi keamanan produk. Mereka juga melayani konsultasi produk yang tepat ketika pelanggannya menemui masalah.

"Saya bangga dan terharu terpilih sebagai pemenang The Big Start Indonesia. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk orang-orang seperti saya yang baru mulai merintis bisnis," ujar Arlin dalam acara final The Big Start Indonesia di Grand Ballroom Kempinski Jakarta, Jumat.

Arlin berhasil mengalahkan dua pesaingnya dalam babak final. Ia mengungguli Dhamar Perbangkara sang pendiri perajin alat makan kayu Gauri Art Division dan Rowland Asfales sang pendiri produk sepatu Pijakbumi dalam presentasi rencana bisnis di depan Dewan Juri.

Gauri Art Division keluar sebagai runners-up dengan hadiah Rp300 juta dan Pijakbumi menempati posisi ketiga dengan hadiah modal sebesar Rp200 juta.

Ketiga finalis ini telah melewati tantangan terakhir dari Dewan Juri yang terdiri Deputi Infrastruktur BEKRAF Hari Sungkari, Daniel Mananta (Founder & CEO DAMN! I Love Indonesia), Renitasari Adrian (Direktur Program Bakti Budaya Djarum Foundation) Stephanie Yoe (Babson Global Ambassador for Indonesia & Business Development Manager Blibli.com), dan Henry C. Widjaja (Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra).

Ketiga finalis tersebut telah menjalani masa karantina selama 20 hari di Jakarta,bersama dengan 20 konstestan lain yang telah terpilih dari 100 kontestan awal.

"Selamat kepada para juara The Big Start Indonesia yang telah melalui proses yang penuh tantangan dan memacu kreativitas. Kami berharap kompetisi ini bisa turut serta memberdayakan dan memajukan ekonomi kreatif di Indonesia," kata Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com.

Arlin Chondro founder Peek.Me, Juara Pertama The Big Start Indonesia, mendapatkan hadiah modal sebesar Rp500 juta yang diberikan secara simbolis oleh CEO Blibli.com, Kusumo Martanto.

Arlin Chondro founder Peek.Me, Juara Pertama The Big Start Indonesia, mendapatkan hadiah modal sebesar Rp500 juta yang diberikan secara simbolis oleh CEO Blibli.com, Kusumo Martanto.​

 

Kompetisi The Big Start Indonesia hadir dalam bentuk serial video yang dapat ditonton di layanan pengaliran video YouTube.

Serial video ini bertujuan mencari pengusaha lokal kreatif dengan konsep bisnis dan produk terbaik. Sejak diumumkan pada Juli, kompetisi ini berhasil menerima hampir 15 ribu pendaftar.

Walau baru pertama kali diadakan di Indonesia, kompetisi ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Selama satu bulan periode tayang di Youtube, 11 episode serial video The Big Start Indonesia menarik lebih dari 10 juta penonton dan mendapat lebih dari 4.000 pelanggan (subscribers).

Selain YouTube, The Big Start Indonesia juga turut disiarkan melalui Facebook dan Instagram. Alasan memanfaatkan platformmedia sosial adalah untuk melibatkan masyarakat secara langsung selama kompetisi berlangsung.

Kompetisi ini juga menjadi bentuk dukungan Blibli.com dan BEKRAF dalam mewujudkan ekonomi digital yang tengah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

20 kontestan di atas mendapat dukungan dari Blibli.com. Salah satunya adalah dengan menyediakan kategori khusus untuk produk lokal di situs Blibli.com bernama Galeri Indonesia.

Laman khusus ini memiliki total 15 kategori dan dibuat untuk mempromosikan produk lokal karya pengusaha kreatif Indonesia ke pasar yang lebih luas.

 

Source Article:

https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/peekme-memenangi-kompetisi-the-...

 

Related Article:

http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/ybDeqYZk-inilah-para-pem...

https://www.infokomputer.com/2016/10/berita/berita-reguler/blibli-com-la...

http://www.mobitekno.com/read/4173-peek-me-sabet-juara-pertama-the-big-s...

Share this Article

Back