Raih pertumbuhan 2,5 kali lipat pada Kuartal I 2019, Blibli.com gencarkan Blibli Mart

by Kontan.co.id
CEO Blibli.com Kusumo Martanto dalam pengumuman strategi bisnis "Customer Satisfaction First"

E-commerce buatan Indonesia, Blibli.com, mampu mencatat pertumbuhan pemesanan sebesar 2,5 kali lebih tinggi pada Kuartal I 2019, dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 (y-o-y).

Peningkatan ini, didorong oleh jumlah produk yang bertambah 3 kali lipat dan jumlah penjualan yang meningkat 2 kali lipat pada periode yang sama.

Dalam kesempatan jumpa media di Green House, Pacific Place, Jakarta, Kamis (2/5), Kusumo Martanto selaku Chief Executive Officer Blibli.com, berupaya menjaga mutu layanan dengan mengutamakan kenyamanan pelanggan tahun ini.

"Tahun ini, kami akan fokus pada strategi Customer Satisfaction First. Yaitu menekankan di bidang biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, barang 100% asli, layanan konsumen 24/7 jam, pembayaran aman, dan jaminan pengembalian barang 15 hari," jelasnya.

Lebih jauh, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan Go-Pay pada Kuartal I 2019, untuk memudahkan pelanggannya melakukan pembayaran secara elektronik.

Dengan strategi bisnis ini, Blibli.com berharap dapat mencapai target penjualan 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kami akan mengkurasi produk yang berkualitas dan orisinil, berusaha hadir untuk pelanggan baik secara offline dan online, serta bantuan teknologi intelegensi artifisial dan augmented reality (AR) untuk mendorong kepuasan pelanggan. Nah, untuk yang terakhir kami sudah menggodoknya sejak 2017, yaitu menciptakan CLARA atau Chat Live And Recomendation Assistant. Sebuah robot yang menangani keluhan pelanggan," jelas Kusumo, Kamis (2/5).

Sementara menghadapi Ramadan, Blibli.com juga akan menggenjot kategori penjualan Blibli Mart, yang berfokus pada penjualan kebutuhan sehari-hari.

Kategori Blibli Mart merupakan salah satu kategori penjualan tertinggi di platform penjualan yang berdiri pada 2011 ini, di bawah kategori produk digital dan ponsel.

Blibli Mart mampu menjual buah alpukat sebanyak 1 ton dalam dua hari dan cokelat sebanyak 10 ton pada Kuartal I 2019.

Melihat hal ini, Blibli Mart akan hadir di beberapa stasiun, seperti Stasiun Bojong Gede dan Stasiun Karet. Sementara produk andalan yang akan dijual adalah minyak goreng, beras, kecap, dan gula.

"Untuk Kuartal I dan II 2019, konsentrasi BliBli Mart masih berada di Jadetabek dan logistiknya ditangani oleh BliBli express," jelas Fransisca K. Nugraha selaku supervisor talrade partnership consumer goods Blibli kepada Kontan.co.id, Kamis (2/5).

Di sisi lain, perusahaan digital yang sudah mencapai volume pengiriman lebih dari 2 juta pada Kuartal I 2019 ini, akan menambah 32 gudang yang terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Sumatera. Dari 32 gudang tersebut, 14 merupakan warehouse dan 19 merupakan major hubs.

"Yang paling penting, kami juga akan membina partner Usaha Kecil dan Menengah agar pertumbuhannya 2 kali lipat lebih banyak dengan kontes The Big Star," ucapnya.

Dari The Big Star, pihak Blibli akan menyeleksi UMKM dan membinanya hingga berada di level perusahaan profesional yang menjadi standar Blibli.com.

Related articles: 

https://www.wartaekonomi.co.id/read226069/pemesanan-tumbuh-25-kali-lipat-apa-rencana-blibli-selanjutnya.html

https://ekbis.sindonews.com/read/1400834/34/genjot-bisnis-bliblicom-luncurkan-layanan-terintegrasi-1556796101

 

Share this Article

Back